Perpustakaan Cinta Baca untuk Warga Bogor

Berkunjung ke Perpustakaan Cinta Baca merupakan salah satu pengalaman yang paling menarik selama saya menjalankan #bogorleisureproject. Saat pertama berkunjung, saya tidak tahu bahwa ternyata Perpustakaan Cinta Baca adalah sebuah perpustakaan yang didirikan oleh Yayasan Cinta Baca, sebuah yayasan sosial yang berfokus untuk meningkatkan rasa cinta baca anak bangsa untuk masa depan yang lebih baik.

Perpustakaan Cinta Baca beralamat di Jl. Raya Bogor Baru Blok A2/17, Bogor. Untuk sampai ke tempat ini sebenarnya tidak sulit, hanya tinggal mengikuti angkot 05 dan cari minimarket Indomaret yang cukup besar disepanjang jalan. Namun memang kurang ada penanda jalan yang menunjukan lokasi Perpustakaan Cinta Baca.

Bagi yang ingin berkunjung, Perpustakaan Cinta Baca buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00. Begitu masuk ke dalam, kita akan disambut oleh Bu Yanti yang sehari-hari bekerja sebagai bagian administrasi. Masuk lagi ke dalam, kita dapat melihat rak buku terusun rapih berdasarkan kategori buku dan di ujung ruangan terdapat tempat membaca yang merupakan ruangan terbuka. Di samping ruang membaca ini terdapat dua kamar tamu yang dapat dipakai oleh guru bahasa yang sering kali berasal dari luar negeri.

Di sebelah kanan rak membaca terdapat ruang rapat yang dibatasi pintu kaca, dan didepannya terdapat ruang membaca bagi anak-anak yang dialaskan karpet warna-warni. Sedangkan disebelah kiri terdapat dua ruang belajar, 1 untuk melakukan kegiatan les bahasa, dan 1 lagi digunakan sebagai kantor.

Perpustakaan Cinta Baca memang tidak besar, namun sangat rapih dan nyaman. Suasana tenang dan sejuk sangat kental sehingga membuat kita ingin berlama-lama berada disana. Seluruh staff yang berada di sana juga sangat ramah dan dengan senang hati membantu kita untuk mencarikan buku atau memberikan referensi buku berdasarkan kategori yang kita cari. Suasanya nyaman inilah yang menjadikan Perpustakaan Cinta Baca dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu luang bagi para siswa dan ibu rumah tangga yang tengah menunggu anaknya selesai sekolah.

Untuk menjadi anggota di Perpustakaan Cinta Baca, hanya perlu mengeluarkan uang Rp 20.000 per tahun. Dengan menjadi anggota, kita mendapatkan akses untuk meminjam lebih dari 15.000 koleksi buku di Perpustakaan Cinta Baca. Selain itu, Anggota Perpustakaan Cinta Baca juga dapat mengikuti kegiatan lain seperti les bahasa asing.

Sebagai sebuah yayasan sosial, Yayasan Cinta Baca seringkali kedatangan Exchange Participant (EP) yang memang datang ke Indonesia untuk melakukan social project seperti salah satunya mengajar bahasa. Dalam kelas bahasa ini, EP juga seringkali memberikan demo memasak makanan khas negaranya ataupun menampilkan pakaian atau kerajinan dari negaranya. Untuk les seperti ini, dalam 1 bulan hanya dikenakan Rp 100.000 untuk 8 kali pertemuan berdurasi masing-masing 90 menit.

“Seneng sih ada les bahasa gini, lebih murah jauh dari di tempat lain dan gurunya langsung dari Korea.” Ujar Kak Dini yang ketika saya temui tengah asik membuat kerajinan tangan Korea. Pihak Perpustakaan Cinta Baca mengaku sengaja membuat kegiatan lain diluar membaca dan meminjam buku untuk menarik masyarakat datang. Selain itu, ada juga kelas baca yang memang ditujukan untuk membantu masyarakat sekitar yang belum bisa membaca agar dapat membaca.

Menurut Bu Yanti walaupun sudah ada fasilitas perpustakaan, masyarakat masih ‘segan’ untuk datang dan bergabung di Perpustakaan Cinta Baca. Kesadaran masyarakat atas pentingnya membaca juga masih rendah. Sehari-hari, Perpustakaan Cinta Baca dikunjungi sekitar 50 orang dan menurun jumlahnya saat akhir pekan. Dengan jumlah anggota yang sekarang sudah mencapai 2000 orang, Perpustakaan Cinta Baca bertekad untuk menjangkau lebih banyak orang sehingga semakin banyak orang yang masa depannya terbantu karena membaca.

 Buku-buku di Perpustakaan Cinta Baca tersusun rapih dan terbagi berdasarkan genre buku

Kim Heng Un (Guru Bahasa dari Korea), Bu Yanti (Bagian Administrasi), dan Hanie (penulis)

Salah satu ruang terbuka untuk membaca di Perpustakaan Cinta Baca
Visi - misi Perpustakaan Cinta Baca dapat terlihat jelas begitu kita memasuki ruangan Perpustakaan

Comments