Pak Budi: Pekerjaanku, Leisure Time-ku




Pak Budi tengah duduk santai di salah satu kursi menghadap ke taman di Kebun Raya Bogor ketika saya hampiri. Dengan agak canggung ia membenarkan posisi duduknya dan mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan saya.

Sebenarnya, Pak Budi tidak datang ke Kebun Raya Bogor secara khusus untuk leisure time-nya. Kebetulan ia tengah mengantar penumpangnya yang berasal dari luar kota dan ingin berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Namun, Pak Budi mengaku senang bisa ikut berisitirahat dan refreshing sembari menunggu penumpangnya selesai foto-foto. "Menurut saya, pekerjaan saya itu leisure time. Enak kok jadi supir taksi. Sambil kerja bisa jalan-jalan, gratis lahi kalo sambil nunggu orang begini." Ucap Pak Budi sambil tertawa kecil.

"Saya suka disini, adem. Jadi lebih tenang pikirannya." Jawabnya ketika ditanya mengenai suasana Kebun Raya Bogor.  Leisure time yang dimilikinya seringkali ia habiskan bersama keluarganya. Pak Budi seringkali pergi bersama keluarga ke taman-taman yang ada di Bogor. "Gak sering sih mbak, kalo sempet aja soalnya kan kerja" tambahnya.

Pak Budi mengaku nyaman tinggal di Kota Bogor karena suasana di Kota Bogor yang asri, sejuk, dan alami. Pak Budi berharap kedepannya Kota Bogor dapat menjadi lebih teratur dan bebas dari kemacetan.

Comments